Jumat, 31 Mei 2019

Sejarah dan Generasi Komputer


Hasil gambar untuk gambar komputer

A.Sejarah Komputer
Komputer berasal dari kata computare yang artinya menghitung. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Secara umum , komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yangmenghubungkan komponen satu dengan komponen yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu.
 

Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware ( perangkat keras) seperti processor , harddisk , RAM, CPU, motherboard . Software ( perangkat lunak ) seperti aplikasi-aplikasi dan juga sistem operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan brainware ( pengguna ).

B. Generasi Komputer
Saat ini , komputer sudah semakin canggih . Tetapi , sebelumnya komputer tidak sekecil ini , secanggih , sekeren dan seringan sekarang dalam sejarah komputer, ada beberapa generasi dalam sejarah komputer.

Sejarah-Sejarah komputer menurut periode :

  1. Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik
  2. Komputer generasi pertama
  3. Komputer generasi kedua
  4. Komputer generasi ketiga
  5. Komputer generasi keempat
  6. Komputer generasi kelima
  7. Komputer generasi keenam
 1. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Numerik
 Komputer sebagai alat hitung tradisional , alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik Abacus yang muncul sekitar 5000 Tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Setelah hampir 12 Abad , muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi . Pada tahun 1642 , Blaise Pascal (1623-1662) . yang pada waktu itu berumur 18 Tahun , menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator numerik  untuk membantu ayahnya dalam melakukan perhitungan pajak.Pada Tahun 1944 , seorang matematikawan Gottfred memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalihkan , alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda bergigi.Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika inggris , Charles Babbage (1791-1871) Tahun 1812 , Charles Babbage memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa melakukan kesalahan.Mesin tersebut dinamakan mesin differensial .Mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta melacak hasilnya secara otomatis.

2. Komputer Generasi Pertama
Dengan terjadinya perang dunia kedua , negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut beusaha mengambangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer . Pada tahun 1941 , Konrad Zuse seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendsain pesawat terbang dan peluru kendali.Pada Tahun 1943 , pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan collosus yang berfungsi untuk memecah kode rahasia yang digunakan Jerman.
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah amerika serikat dan universityof vennsylvina.Terdiri dari 18.000 tabung vakum 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 KW . Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W Mauchy (1907-1980).

3. Komputer Generasi Kedua (1959-1956) Transistor
Pada Tahun 1948 , penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi , radio dan komputer.Akibatnya , ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan didalam komputer sejak tahun 1956.Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.Pada Tahun 1960-an mulai bermunculan komputer generai kedua yang suskes dibidang bisnis di university dan di pemerintahan,Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sebenarnya menggunakan Transistor.Salah satu contoh komputer pada saat ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas oleh kalangan industri.Beberapa bahasa pemerograman mulai bermunculan pada saat itu.Seperti , bahasa pemerograman common-bussiness-Oriened Language (COBOL) dan formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemerograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata , kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia . Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.

4.Komputer Generasi Ketiga (1965-1971) Integrated
Generasi Komputer ketiga diawali pada tahun 1965 , pada masa itu komputer dibuat menggunakan integrated circuit (1(s).Tekhnologi sirkuit terintegrasi ini , menggeser peran transistor sebagai komponen dasar komputer pada masa itu tapi , transistornya masih tetap digunakan.Jack Kibly adalah seorang insinyur listrik , yang berhasil mengembangkan IC pertama kali . Dari penemuannya itu , Jack Kibly diberikan hadiah nobel.Karenatemuannya tersebut,berhasil meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer secara signifikan.Komputer generasi ketiga menjadi komputer pertama yang memungkinkan operator berinteraksi dengan menggunakan keyboard  serta monitor dengan tampilan sistem operasi didalamnya.Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970-an.Kemudian salah satu ilmuan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer tekhnologi Integrated Circuit(IC) menjadi salah satu ciri utama karena mulai familiar dan banayk digunakan pada sebuah perangkat komputer sehingga sampai dengan generasi sekarang.

5.Komputer Generasi Keempat
Setelah IC , Pengembangan komputer menjadi lebih jelas yaitu dengan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik.LargeScale Integration atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip.Kemudian tahun 1980-an Very Large Scale Integrationatau VLSI memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal.ELSI atau yang disebut Ultra Large Scale Integration mampu meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip intel 4004 yang telah dibuat pada tahun 1971membawa dmapak kemajuan terhadap IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer  ( Central Processing Unit , emori dan kendali input/output)Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah .Pada pertengahan tahun 1970-an , perakit komputer menawarkan produk komputer mereka kemasyarakat umum.Komputer-komputer ini disebut minikomputer dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.Piranti lunak yang populer saat itu adalah Program Word Processing dan Spreadsheet.Pada tahun 1981  , IBM memperkenalkan penggunaan personal computer (PC) untuk penggunaan dirumah , kantor dan sekolah.IBM PC bersaing dengan Aplle Macintos dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintos menjadi terkenal dengan memperkenalkan sistem grafis pada komputernya sedangkan yang lainnya masih berbasis teks.

6. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi sangat sulit karena tahap ini masih sangat mudah. Sehingga masih banyak peluang bagi ssetiap manusia untuk mengembangakannya.Artifical Intelligence atau kecerdasan buatan adalah suatu cabang dalam bidang bsinis sains computer yang mengkaji tentang bagaimana melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti manusia.Industri AL ini berkembang semenjak tahun 1980-an .Evolusi AL ini berjalan sejak 2 tahun berbeda . Pertama , untuk menciptakan sebuah komputer yang meniru proses berfikir manusia untuk menyelesaikan masalahumum . Kedua, mengkombinasikan pemikiran terbaik para ahli pada sepotong software yang dirancang untuk memecahkan persoalan yang spesifik.Generasi kelima ini merupakanevolusi komputer impian masa depan .Ia diperkirakan mempunyai lebih banayk unit pemerossessan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam satu masa.Komputer ini juga mempunyai ingatan yang besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Komputer generasi kelima difokuskan kepada AL(Artificcal Intelligence / kecerdasan buatan) yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yag merupakan cabang-cabang tingkah laku manusia.

Sekian penjelasan saya tentang SEJARAH DAN GENERASI KOMPUTER . selamat membaca semoga bermanfaat ^_^

Rahasia terkini meraup penghasilan ratusan juta dari toko online




Tidak ada komentar:

Posting Komentar