Jumat, 31 Mei 2019

Pengenalan Hardware , Software , Brainware

Hasil gambar untuk gambar komponen sistem  komputer 
 
A.Hardware
Hardware adalah perangkat keras yang memiliki wujud fisik , jadi hardware ini dapat disentuh oleh kita . Contoh dari hadware adalah processor , motherboard , harddisk , memori , power supply dan sebagainya. Hardware dibagi dalam 4 bagian :
  1. Input ( perangkat masukkan ), Merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai alat untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer. Misalnya seperti Keyboard, mouse, web cam, scanner dan lain-lain.
  2. Output ( Perangkat Keluaran ),perangkat yang digunakan untuk menampilkan data hasil pemrosesan. Jadi masukan atau input yang tadinya dimasukan setelah diproses akan ditampilkan di perangkat output ini, contohnya seperti printer, monitor, projector, dan lain-lain.
  3. Processing ( Perangkat Pemroses ) , perangkat pada computer yang digunakan sebagai pusat pengolahan data. Jadi processing device ini bisa dibilang sebagai otak computer, dan sering disebut dengan CPU ( Central Processing Unit). Perangkat pemroses ini akan melakukan interasksi dengan perangkat input, output, dan storage untuk melaksanakan perintah yang dimasukan pengguna.
  4. Stronge Device ( Perangkat Keluaran ) , CPU juga dilengkapi dengan alat penyimpanan data . Terdapat alat penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar sebagai alat menyimpan uatamanya yang biasanya disebut dengan harddisk.
B.Software
Software adalah perangkat komputer berupa program dan aplikasi-aplikasi yang ada dalam komputer. Sotware tidak memiliki bentuk fisik. Ada beberapa jenis software:
  1. Operating System , merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data
  2. Aplication System , merupakan program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. 
  3. Utility Program , Merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan tugas-tugas tambahan, disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu.
  4. Prpgram Language ,Merupakan bahasa yang dapat digunakan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, dapat dikatakan juga sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer.  
C. Brainware
Brainware adalah pengguna yang menjalankan atau mengoperasikan sebuah komputer.Brainware merupakan pemegang peranan penting supaya komputer dapat berjalan.Brainware dibagi menjadi 4 bagian:
  1. Programmer , orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  2. Sistem Analis ,  seorang yang tugas utamanya adalah merencanakan rancangan program, bagaimana program tersebut berjalan, tampilannya seperti apa, fungsinya seperti apa, dan sejenisnya.
  3. Administrator , seorang yang tugas utamanya sebagai pengelola aplikasi yang telah di buat oleh programmer agar aplikasi tersebut bisa digunakan oleh pengguna akhir dengan benar. 
  4. Operator ,  seorang yang bertanggung jawab sebagai pengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer.

    Sekian penjelasan saya tentang PENGENALAN HARDWARE , SOFTWARE , BRAINWARE , selamat membaca semoga bermanfaat ^_^

    Rahasia terkini meraup penghasilan ratusan juta dari toko online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar